parenting | Pregnancy

Perawatan kulit bayi #IniMika

By on March 19, 2018

Sebelum #IniMika nongol, duile mamak ini udah rempong banget nyiapin ini itu. Biasalah sindrom baru punya bayi, semua harus dipersiapkan meskipun nantinya gak kepake karena pas bayinya udah nongol yang dipake ya itu lagi itu lagiπŸ˜†.

Ternyata keperluan bayi gak gitu banyak, emaknya aja yang udah parno duluan. Bener kata orang “Mendingan jangan beli beli dulu sebelum bayinya nongol. Nanti malah gak kepake”. Nah maka dari itu, pengen sharing perlengkapan setelah mandi dan ganti popok Mika yang biasa dipake. Mungkin bisa jadi masukan calon mami yang lagi persiapan.

Continue Reading

Opini | Pregnancy

Wahai calon ibu, jangan kaget ngadepin 5 hal ini pasca melahirkan!

By on March 11, 2018

Setelah melahirkan, ternyata hidup tidaklah seindah iklan-iklan tipi. Jangan harap bayi umur dua minggu bakal ngegemesin bisa diunyel-unyel. Malahan mereka terlihat kayak ‘alien’ dengan kulit keriput warna merah. Ucapkan selamat tinggal sama sosial media, karena di masa ini hidup mamak muda akan kembali diuji kesabarannya. Padahal saya udah memotivasi diri sebelum melahirkan pengen kayak Andien atau Dian Sastro publik figure yang tetep kece dilayar kaca, meskipun udah beranak pinak.

 

Tapi rasa-rasanya kok ya sulit banget apalagi harus ngerasain 5 drama ini πŸ˜‚. Karena drama jadi ibu barulah dimulai setelah melahirkan. Drama yang bukan hanya nguras emosi tapi juga menguji seberapa kuat fisik kita.

Continue Reading

Opini | Pregnancy

Pengalaman pertama SC! Antara kontraksi dan dingin ruang operasi.

By on November 23, 2017

❀Alhamdulillah anak pertama saya dan suami terlahir dengan sehat & sempurna pada Jumat 3 November 2017 lewat proses Caesar. Makasih banget buat kalian yang berdoa baik buat saya dan si bayik, Mikaila Sekar Andini. Lewat tulisan ini saya pengen cerita pengalaman pertama melewati proses kelahiran SC.

Saya menjalani proses kelahiran Caesar (SC) karena kepala si bayik gak kunjung turun menjelang hari perkiraan lahir. Pas dokter kandungan bilang saya harus SC saat kontrol di 36 minggu, yaoloh rasanya kok patah hati banget. Sepulang dari klinik, airmata ngucur aja gituh, berasa kayak cerita drama (iyah saya anaknya lebay 😁). Entah kenapa saya berharap bisa lahiran secara pervaginam, mungkin karena iming-iming orang “sakitnya pas lahiran ajah, terus badan bisa balik langsing.” πŸ˜…Β <—- Jangan percaya, ini mitos!

Continue Reading

On Duty | Opini | Pregnancy

Keputihan saat sedang hamil? Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di Arisan Resik

By on October 23, 2017

Siapa di sini yang sering keputihan? 😐 Hmmmm urusan daerah kewanitaan emang jarang  jadi bahan obrolan cantik perempuan, entah karena dianggap tabu atau informasi yang kurang. Padahal jika diketahui masalah kesehatan miss V lebih awal, kita bisa menjegah terjadinya penyakit yang lebih serius. Tahu gak kalo keputihan bisa menghambat kesehatan rahim jadi susah punya anak? Saya baru tahu informasi ini setelah ikutan kegiatan Arisan Resik with Indonesia Hijab Blogger yang di gelar hari Jumat lalu. Sekitar 25 Indonesian hijab blogger ngumpul cantik dengan dresscode nuansa hijau di cafe Harlequin Kemang. Meskipun sempat hujan tapi gak menghambat keriaan di Arisan Resik.

Berawal dari ajakan mba Roswitha (Ketua IHB), saya langsung bilang “Yes I’m in” saat tahu topik Arisan Resik soal kesehatan daerah kewanitaan. Karena keputihan jadi masalah yang cukup ganggu di masa kehamilan trisemester ketiga ini. Salah satu pembicara Arisan Resik,Β Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina JatinegaraΒ menjelaskan, keputihan adalah salah satu alasan paling banyak mengapa perempuan mendatangi dokter spesialis kandungan. Penyebabnya keputihan bisa karena infeksi maupun non-infeksi. Leher rahim secara normal mengeluarkan cairan berwarna bening, bersih, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan keluhan. Keputihan yang normal umumnya terjadi menjelang masa subur.

Continue Reading

On Duty | Opini | Pregnancy

“Jangan hukum aku bu!”

By on September 22, 2017

Beberapa minggu lalu, saya berpartisipasi dalam Kelas Kurikulum yang diadakan oleh Keluarga Kita Β mengenai Disiplin Positif pada anak. Emang semenjak mengandung calon bayik, jadi punya ketertarikan dengan topik parenting. Buat jadi bahan persiapan sebelum si bayik lahir 😎. Berbekal googling soal β€œApa itu keluarga kita” tanpa panjang lebar saya langsung daftar menjadi relawan dengan ikutan kelas kurikulum ini dan syukurnya diterima.

Di awal pertemuan, saya sudah dibuat melek dengen pertanyaan tentang β€œSIAPA YANG PERNAH DIHUKUM ORANG TUA!!” Sontak banyak peserta kelas yang tunjuk tangan dan berbagi cerita. Tampaknya ingatan soal cubitan, dan omelan gak lepas dari masa tumbuh kembang peserta di kelas. Lalu ketika ditanya β€œAPAKAH KITA INGAT APA YANG MENYEBABKAN KITA DIHUKUM?” rata-rata kami semua terdiam, karena baru menyadari bahwa kami sebagian besar dari kami tidak tahu alasan kenapa kami dihukum πŸ˜“.

Continue Reading