Opini | parenting | Uncategorized

Yuk main kardus bareng Boromon sambil melatih motorik anak

December 11, 2018

SERUNYA MAIN KARDUS

“Wah anak tetangga udah bisa pegang sendok makan sendiri. Anak gw kapan yah?” Sadar atau enggak pasti Mom pernah ngebatin kayak gini. Meski udah janji gak ngebandingkan anak sendiri, tapi pasti pernah terselip rasa “Kok anak saya belum bisa begini begitu yah!”. Jujur saya sering loh kayak gini, apalagi kalo liat anak yang seumuran sama Mika.

Berasa ada yang salah, ketika saya makin sering berpikir kayak gitu. Padahal sikap orangtua ke anak memberikan pengaruh besar terhadap tingkah laku anak ke depannya, khususnya tahun awal pembentukan hidupnya. Jangan sampe nantinya Mika jadi pribadi yang suka ngebandingin diri sendiri ke orang gara-gara emaknya berperilaku begitu 😣.

Maka dari itu saya dan suami lebih aktif nemenin Mika apalagi dimasa golden moment usia 0-2 tahun. Saya percaya bahwa tiap individu punya kecepatan yang berbeda tergantung kematangan dan proses belajarnya. Nah jangan sampai sebagai orangtua, kita acuh sama proses belajarnya cuma berharap hasilnya ajah. Padahal saat mereka bermain itulah proses belajar mereka tumbuh & berkembang.

Kenapa saat main itu penting?

Bermain adalah cara anak untuk mengembangkan jiwa sosialnya, fisiknya, kognitifnya dan juga motorik mereka. Itu adalah cara anak untuk belajar tentang dirinya dan juga dunia. Anak akan merasakan serunya eksplorasi saat mereka bermain.

Karena bermain itu penting artinya perlu beli mainan dong?

Gak gitu juga sih Mom. Boncos dong kantong mamak kalo harus beli mainan atau ke fancy playgorund terus 🤑. Percaya deh anak usia 1-3 tahun hanya butuh orangtua (dan sedikit imajinasi) untuk seru bermain. Karena menciptakan momen main bareng keluarga itu gak perlu mahal, yang seringkali mahal adalah biaya menghibur emak bapaknya 😬

Think of playtime as more than a toy time

Bermodal niat yang kuat ngirit uang bulanan saya & suami berhasil merubah kardus bekas jadi mainan yang melatih motorik Mika. Gerak motorik sendiri ada dua yaitu motorik kasar dan halus. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau seluruh tubuh seperti misalnya kemampuan berguling, telungkup, menendang, dan berlari. Sedangkan kemampuan menggenggam benda,corat-coret, atau menyusun balok merupakan gerak motorik halus karena melibatkan otot-otot halus. Selain melatih motorik lewat aktivitas bermain kardus, saya juga mengenalkan tentang warna & bentuk.

Kotak bentuk

Saya bikin mainan ini harus nunggu anaknya tidur dulu karena cukup makan tempat ngegelar kardusnya. Sebenarnya bisa buat ukuran yang lebih kecil tapi karena idenya dadakan jadi langsung aja motong kardus tanpa bikin polanya dulu. 

Mamak tinggal bikin pola kubus (lebar suka-suka disesuaikan ajah sama mood 😬) dan tiap sisi dibuat berbagai macam bentuk seperti kotak, persegi, segitiga dan diamond. Bentuk ini dipotong dan bagian yg terpotong diberi pegangan agar anak mudah mengambilnya.

Saat main kotak bentuk Mika mengerti masukin & ngeluarin barang. Apa aja dimasukin ke kotakgak cuma potongan kardusnya. Bahkan kartu ATM saya pernah juga nyelip di situh 😂.

Bola bola gelinding

Bikin mainan yang ini butuh kerjasama mamak sama bapak, karena banyak pola yang mesti digunting tempel. Jangan tanya bikinnya gimana, cus cari aja tutorialnya banyak di youtube 🙄. Tantangan sebenernya bukan pas bikin, tapi pas main sama Mika. Mika lebih tertarik buat nyopotin kardusnya dan mretelin stiker dibanding ngegelindingin bola 😪.

Sejujurnya mamak seneng aja (tapi plis tunggu sehari dulu sebelum kamu ancurin nak ) karena Mika masanya eksplorasi fungsi tangannya juga. Jarinya lagi suka nyubit-nyubit barang kecil, ambil baju dicubit, makan nasi pasti dijepit telunjuk dan jempolnya.

Jadi emang paling bener saya nyiapin makanan yang bentuknya kecil & mudah buat dia cuilin pas dia lagi main, kayak Monde Boromon. Mom yang punya anak umur segini pasti ngerti betapa menantangnya waktu makan diusia ini. Selagi dia masih mau mangap masukin ajah cemilannya yang ada.

Emang harus Monde Boromon?

Itu sih pilihan Mom aja tapi saya udah pernah ngasih Mika beberapa cemilan anak, ternyata yang paling dia suka ya Monde Boromon (yang pertama adalah  kerupuk 🤧). Monde Boromon ini emang dibuat khusus buat si kecil usia 1-5 tahun, karena komposisi yang bernutrisi, jadi bebas was-was dibandingkan Mika cemil kerupuk terus.

Apa aja yang bikin Monde Boromon cocok untuk anak?

Terbuat dari tepung kentang sehingga lebih mudah dicerna perut dengan tekstur lembut. Tekstur lembut ini penting buat makanan usia 1 tahun, karena langsung meleleh di lidah, Mika yang giginya 6 biji gampang banget ngelahapnya.  Tepung kentang memiliki karakteristik yaitu, mempunyai daya serap yang tinggi, tekstur halus, rasa sedikit manis, dengan aroma harum khas. Kandungan Karbohidrat tepung kentang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu (Anova dkk, 2014).

Bebas gluten. Berasal dari kata ‘glue’ yang berarti lem, gluten adalah senyawa protein yang berfungsi sebagai perekat membantu makanan tetap nempel & menjaga bentuk makanan. Biasanya terkandung pada gandum sebagai bahan utama tepung terigu. Kebanyakan orang tidak mengalami masalah mencerna gluten, tapi ada beberapa orang (1% dari populasi) yang punya alergi sama gandum bisa jadi punya intoleransi terhadap gluten juga.

Monde Boromon mengandung manfaat madu. Madu merupakan zat yang kaya nutrisi, vitamin, enzim & mineral yang baik bagi tumbuh kembang anak usia diatas 1 tahun. Menurut artikel dokteranak.org bagi anak usia 1-3 tahun sebaiknya berikan madu dengan takaran tidak lebih dari 20 gram sehari agar sistem pencernaan anak terbiasa dengan madu. Kandungan madu pada monde Boromon 0.3% disetiap penyajiannya. Itu artinya takaran madu didalamnya sesuai anjuran ahli.  

manfaat madu untuk anak
Manfaat madu untuk anak

Selain madu, Monde boromon juga mengandung manfaat Minyak ikan. Minyak ikan bermanfaat baik untuk tumbuh kembang anak karena kandungan asam lemak omega-3 seperti yang terdapat pada ASI. Omega-3 bermanfaat bagi anak bahkan saat masih dalam kandungan. Menurut artikel pada alodokter.com takaran omega-3 yang cukup dapat mendukung kemampuan kognitif, termasuk koordinasi mata dan tangan juga kemampuan fokus dan sosial. Adanya minyak ikan pada Monde Boromon dengan takaran 3mg omega-3 dan 3mg DHA memberikan rasa dan aroma yang khas. Setiap Mika buka bungkusannya pasti langsung habis dilahap.

manfaat minyak ikan
Ayo makan ikan!

Dari sekian banyak manfaat, Monde boromon sudah terdaftar di BPOM RI dan halal MUI. Cocok jadi cemilan sehat untuk anak usia 1-5 tahun apalagi bentuknya sesuai buat ngelatih motorik tangan anak. Bentuknya yang bulet kecil, pas digengam Mika mengurangi resiko makanan jatuh karena keasyikan main. Mom pasti paham dong yah, berapa banyak makanan mubazir karena dimainin anak. Kita mah pasrah aja yak 😪.

Baca juga : Anti Panik Menghadapi Anak Mulai Aktif

Buat anak pada usia 12-24 bulan saat bermain adalah momen yang penting bagi anak dan juga orangtua. Play along with your child cause you’re the ultimate plaything. Karena bermain apapun akan terasa lebih menyenangkan jika anak bisa berbagi dan cerita ke orangtua.

Jangan lupa sediakan cemilan bergizi seperti Monde Boromon saat bermain, agar asupan nutrisi tetap terjaga dan juga melatih motorik anak. Cerita dong, Mom ada ide permainan apa yang irit dikantong? 😋

Mamak hargai usahamu nak 🤩

Daftar bacaan

  • Inda Three Anova dkk. SUBSTITUSITEPUNG TERIGU DENGAN TEPUNG KENTANG (Solanum Sp) PADA PEMBUATAN COOKIESKENTANG Jurnal Litbang Industri, Vol 4, Iss 2, Pp 123-131 (2014)
  • Artikel Manfaat madu untuk anak & balita, dokteranak.org
  • Artikel Manfaat minyak ikan untuk anak, alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *