Opini Pregnancy

Wahai calon ibu, jangan kaget ngadepin 5 hal ini pasca melahirkan!

Setelah melahirkan, ternyata hidup tidaklah seindah iklan-iklan tipi. Jangan harap bayi umur dua minggu bakal ngegemesin bisa diunyel-unyel. Malahan mereka terlihat kayak ‘alien’ dengan kulit keriput warna merah. Ucapkan selamat tinggal sama sosial media, karena di masa ini hidup mamak muda akan kembali diuji kesabarannya. Padahal saya udah memotivasi diri sebelum melahirkan pengen kayak Andien atau Dian Sastro publik figure yang tetep kece dilayar kaca, meskipun udah beranak pinak.

 

Tapi rasa-rasanya kok ya sulit banget apalagi harus ngerasain 5 drama ini 😂. Karena drama jadi ibu barulah dimulai setelah melahirkan. Drama yang bukan hanya nguras emosi tapi juga menguji seberapa kuat fisik kita.

Kontraksi pasca melahirkan

Bayangan saya kirain setelah melahirkan gak ada lagi kontraksi. Saya kira paling harus tahan aja sama sakit bekas operasi. Bayangan tinggalah khayalan, karena abis melahirkan perempuan tetep ngerasin kontraksi.

Kontraksi ini terjadi karena badan kita sedang mengembalikan tubuh pada kondisi sebelum melahirkan. Rahim yang tadinya melar akan menyesuaikan balik kebentuk asal sebesar kepalan tangan, begitupun organ reproduksi lainnya. Gimana rasanya ? kayak sakit datang bulan ditambah pedesnya level 5. Sakit mak!

Tapi tenang, badai pasti berlalu, kita aja kuat tiap bulan ngadepin pedihnya sakit datang bulan masa begini aja gak kuat (motivasi diri sendiri 😆). Informasi lengkap tentang kontraksi pasca melahirkan bisa dibaca disini

Payudara cenat cenut

Karena terbatasnya ruang inap, saya baru bisa ketemu bayi dimalam kedua setelah operasi. Sehari semalam berasa lama banget, karena udah gak sabar pengen ketemu bayik. Inisiasi Menyusui Dini baru bisa dilakukan pas malam kedua ini. Rasanya deg-deg-an ketemu anak sendiri. Gak nyangka bayi yang 9 bulan lalu ada di perut udah bisa saya gendong. Adegan bayi nyari payudara untuk nyusu jadi scene yg ditungguin. Banyak banget supporternya, ayah, mama dan suami kayak lagi nungguin timnas nge-gol-in gawang lawan. Pas udah gol, walah sorak sorai rame bener 😆

Kebutuhan bayi nyusu di seminggu pertama gak sebanding sama produksi ASI yang melimpah ruah. Bayi nyusu masih dikit tapi produksi susu banyak bener. Saking melimpah PD sampe keras bikin panas dingin, bahkan pernah sampe meriang. Di saat kayak gini, sebaiknya pompa ASIP. Jangan dibuang ASI nya, itu harta karun yang tak ternilai harganya.

Kalo jaman emak sih, pas PD lagi penuh malah dibuang aja gak ditampung. Ya wajar sih, pengetahuan ASIP tahun 90-an awal masih kurang gak kayak sekarang. So persiapan pompa ASI baik yg manual atau otomatis sangat penting disiapin sebelum melahirkan.

Selain itu hampir setiap perempuan yang menyusui pasti ngalamin puting lecet. Setiap bayi mau nyusu waduh pedihnya bukan maen, kayak luka lecet terus disiram alkohol 😭. Hampir sebulan saya ngalamin lecet puting. Hal kayak gini gak bisa dihindarin. Yang bisa kita lakuin hanya mengurangi rasa pedih karena lecet, makin sering bayi menyusu akan jadi terbiasa.

Saya ngurangin lecet puting dengan diolesin minyak kelapa setiap mau nyusu dan setelahnya. Sesekali pake krim payudara juga. Dan katanya yang paling ampuh ya diolesin ASI kita. Saya nyobain semua cara, dan kurang dari sebulan lecet puting lumayan berkurang.

Mendadak melow

Saat fisik lagi ngedrop karena pemulihan, otak jadi rentan sama pikiran pikiran aneh. Pasca melahirkan seorang ibu jangan ditinggal sendirian sama bayi, karena ya itu psikis lagi labil banget. Perubahan masa dari gadis terus tiba tiba beranak gak gampang dihadapin buat perempuan, khususnya saya.

Bahkan saya yang selalu ditemenin suami, masih juga kena rentan postpatrum depression. Pernah saya cuma berdua aja sama bayi dan dikepala ini muncul pikiran aneh. Saya bikin skenario sendiri berbagai adegan s*dis yang bikin merinding. Kalo udah kayak gitu mendingan saya jauh jauh dari bayi dan segera wudhu.

Kalo di tiga bulan masih ngalamin kayak gini segeralah konsultasi dengan psikolog.

Bye-bye tidur nyenyak

Jangan berharap bisa tidur nyenyak di malam hari pas 3 bulan pertama usia bayi. Meskipun bayi banyak tidurnya, gak begitu dengan kita. Ibu dan ayah harus stenby 24 jam untuk menuhin kebutuhan bayi. Di masa ini lupain dululah cucian yang numpuk atau rumah berantakan, kalo ada waktu sejenak lebih baik ibunya tidur. Pas bayi tidur ya kita juga tidur. Belajar untuk bisa power/deep sleep, tidur bentar tapi puas (walaupun itu susah 😴)

Opini kanan kiri

Jadi ibu baru dan belum ada pengalaman pasti banyak dapet masukan kanan kiri. Gak semua masukan salah tapi gak semuanya juga bener. Kita yang harus bisa nyaring mana yang baik buat bayi kita. Saya pernah ngotot-ngototan sama mama perihal gurita bayi. Yang saya yakin itu gak baik buat bayi.

Makanya penting banget literasi pola asuh buat calon ibu. Baca dan cari tahu sebanyak yang kita bisa tapi jangan kaku juga dengan budaya turun temurun yang memang terbukti baik. Kalo ada yang kasih saran “iyain” aja dulu baru filter kemudian.

Masa sensi diatas berasa banget di tiga bulan pertama apalagi kondisi bayi yang masih rentan. Bayi rewel karena perut kembung atau pengen sedawa jadi hal yang mesti dihadepin. Kalo bayi rewel Jangan panik (meskipun ini gak mungkin) segera observasi apa penyebabnya. Lewat dari itu mommies bisa lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

Tiga web ini jadi andalan saya untuk cari tahu informasi seputar bayi, ibupedia, theAsianParent, AloDokter. Ada lagi gak rekomendasi dari kalian? Sharing dikomen yak 🖤

Previous Post Next Post

You may also like

Leave a comment

  • Reply Ria Bilqis

    Saya mewek hampir tiap hari karena lelah, Sumi kerja cuma libur hari Minggu. Semoga hari 2 berat ini cepat berlalu

    March 11, 2018 at 3:34 pm
    • Reply weddewi

      Ahhhh mba ria ku kirimkan semangat dari sini. Apalah kita ini yah mba tanpa suami atau mama yang ngedampingin 😘

      March 11, 2018 at 8:49 pm
  • Reply Aiko

    Mba 🙁 aku jadi deg degan deh. Aku lagi expecting nih insya Allah kalo cepet bulan depan. Semoga aku bisa kuat juga nanti ngadepin tantangan2 jadi new mom. Semangat mba! You can do it 🙂

    March 13, 2018 at 4:19 am
    • Reply weddewi

      Semangat mba aiko. Meskipun nyeremin tapi perempuan pasti sanggup ngadepinnya. Yang penting terus berdoa dan minta bantuan sama Dia. 😆

      March 13, 2018 at 6:24 am
  • Reply annisaramalia

    aku jd inget dlu pasca lahiran gendong celina, selalu doa ini anak ga keseleo digendong emaknya wkwkwkwkwk. ga jatoh dr emaknya, scara ga bs bgt gendong bayi.
    oiya aku jg suka baca2 dari babycenter.com oke banget lhhhooo

    March 16, 2018 at 8:31 am
    • Reply weddewi

      Oia aku juga donlod babycenter dari masa hamil ampe sekarang.

      Mau anak kedua gendong bayi udaj ahli dong ya..😊

      March 18, 2018 at 4:58 pm
  • Reply Nuvaderma

    jadi orang tua baru memang banyak senang dan sedihnya ya mba

    April 6, 2018 at 8:21 am
    • Reply weddewi

      Iya mba, baru ngerti perasaan orangtua kita. hahahaha

      April 15, 2018 at 8:17 am
  • Reply INI DIA RAHASIA CANTIK DIBALIK KERUDUNG LAUDYA CINTYA BELLA!!

    […] Mampir yuk : Wahai calon ibu, jangan kaget ngadepin 5 hal ini pasca melahirkan! […]

    April 15, 2018 at 9:33 am
  • Leave a Reply