Uncategorized | zerowaste living

Cerdas Memilah Sampah Dari Rumah

By on November 8, 2019

Sudahkan Moms memulai pilah sampah dari rumah?

Tahukah sampah jenis apa yang bisa didaur ulang?

Sering gak merasa kewalahan saat memilah sampah?

Di tulisan ini saya akan sharing perjalanan dan pengalaman memilah sampah keluarga kami. Semoga saja bisa jadi inspirasi buat Moms 🙂

Kenapa hidup Minim Sampah?

Moms bisa tonton video  singkat ini. Video ini kurang lebih menggambarkan situasi pola konsumsi manusia saat ini. Apa yang terjadi di rumah, merupakan gambaran kecil apa yang terjadi di dunia.

Continue Reading

On Duty | parenting | Review | Uncategorized

Pelangi Di Launching Buku My Rainbow Days, Diana Rikarsari

By on December 23, 2018

Hello 🙂

Tenang aja ini buka air mata sedih, tapi air mata haru. Dibalik warna-warni Mba Diana Rikarsari (selanjutnya DR) ternyata dia pribadi yang halus & penyayang keluarga. Jika berbicara tentang keluarga, matanya pasti berbinar teringat betapa hangatnya keluarga yang ia miliki. Ini terjadi saat launching buku My Rainbow Days, buku anak yang ditulisnya bersama illustrator muda Wastana Haikal hari Rabu lalu di buumiplayscape Pacific Place.

Sebagai groupies-nya mba DR saya mantau terus yekan updatenya di sosmed 😝. Nah pas tahu kalo dia bakal balik ke Indonesia untuk launching buku terbaru (makasih banyak mba @byputy udah share posternya) saya langsung gercep daftar. Secara mba DR saat ini tinggal di Switzerland bersama keluarga, ini kesempatan langka untuk ketemu dia lagi, sekalian jajal ngajakin Mika main pertama kali di playground.

Continue Reading

Opini | parenting | Uncategorized

Yuk main kardus bareng Boromon sambil melatih motorik anak

By on December 11, 2018

SERUNYA MAIN KARDUS

“Wah anak tetangga udah bisa pegang sendok makan sendiri. Anak gw kapan yah?” Sadar atau enggak pasti Mom pernah ngebatin kayak gini. Meski udah janji gak ngebandingkan anak sendiri, tapi pasti pernah terselip rasa “Kok anak saya belum bisa begini begitu yah!”. Jujur saya sering loh kayak gini, apalagi kalo liat anak yang seumuran sama Mika.

Berasa ada yang salah, ketika saya makin sering berpikir kayak gitu. Padahal sikap orangtua ke anak memberikan pengaruh besar terhadap tingkah laku anak ke depannya, khususnya tahun awal pembentukan hidupnya. Jangan sampe nantinya Mika jadi pribadi yang suka ngebandingin diri sendiri ke orang gara-gara emaknya berperilaku begitu 😣.

Maka dari itu saya dan suami lebih aktif nemenin Mika apalagi dimasa golden moment usia 0-2 tahun. Saya percaya bahwa tiap individu punya kecepatan yang berbeda tergantung kematangan dan proses belajarnya. Nah jangan sampai sebagai orangtua, kita acuh sama proses belajarnya cuma berharap hasilnya ajah. Padahal saat mereka bermain itulah proses belajar mereka tumbuh & berkembang.

Continue Reading

Opini | Review | Uncategorized

Wow!Jajan bakso bisa buat investasi reksa dana!

By on October 17, 2018

Foto dari mas @gorgaleonardo

Pernah gak sih kepikiran kalo uang 10 ribu yang biasanya dapet semangkok bakso, ternyata sekarang bisa dipake investasi. Kalo mikirinnya 5 tahun lalu pasti gak kebayang, tapi nyatanya di tahun 2018 itu semua mungkin.

Suami saya penggemar berat bakso. Hampir tiap hari di jam 5 sore, pasti suami bawel pengen bakso. Kalo dihitung bisa 3 kali dalam seminggu dia makan bakso. Semangkok bakso deket rumah harganya 10 ribu dikali 3 berarti tiap minggu bisa abis Rp 30,000. Ditotal sebulan berarti buat jajan bakso bisa abis Rp 120,000. Hahaha baru kali ini saya ngitung jatah makan bakso, ternyata banyak juga yah 😩.

Itu baru itungan sebulan, gimana kalo setahun Rp 120,000 x 12 bulan = Rp 1,440,000. Walah banyak banget ini buat makan bakso aja. Bayangin kalo setiap kami pengen makan bakso, uangnya bukan dibeliin bakso tapi dialihkan investasi reksa dana. Pasti hasilnya bukan jadi lemak tapi jadi duit 💰. Udah jadi mahmud gini, emang kudu pinter ngatur duit. Ngebayangin biaya pendidikan buat Mika nanti, duh ngilu rasanya. Emang harus mulai dari sekarang investasi untuk anak #DemiNanti.

Kenapa sih jajan bakso aja ngitung banget?

 

Continue Reading

On Duty | Opini | Uncategorized

Relaktasi, kesempatan kedua bagi ibu untuk menyusui

By on August 8, 2018

Ditemenin Mika dan bebeb ke acara Anmum #MumToMum

Gak terasa 9 bulan sudah saya berstatus menjadi seorang ibu. Gak  percaya ternyata saya bisa juga menjalaninya sampai sejauh ini. Masih inget banget pengalaman menyusui Mika pertama kali saat di rumah sakit. Saya ditemani suami dan juga orang tua, menanti nanti kapan bisa menyusui bayi mungil setelah menjalani operasi sesar 😭. Setelah 24 jam berlalu akhirnya saya bisa menyusui bayi Mika. Tentunya ASI tidak langsung banyak, tapi momen ketika Mika mau melekat ke payudara, walah rasanya luar biasa haru 🤩. Mama yang bikin saya kuat dan percaya bahwa ASI saya pasti keluar dan banyak. Untunglah ada mama nemenin saya, sehingga saya tak tergoda menggunakan sufor di hari kelahiran Mika.

Beda ceritanya dengan ibu yang kebetulan seruangan dengan saya, ia mau tidak mau menggunakan sufor karena masukan dari kerabat yang nemenin dia. Pikirannya galau karena si bayi susah menempel ke payudara dan tidak ada ASI yang keluar, begitu katanya. Akhirnya si bayi disusui dengan sufor setelah nerima masukan dari saudaranya yang tidak mengerti betapa pentingnya ASI 😕. Bukannya saya anti sufor, tapi jika masih bisa diusahakan untuk mengASIhi kenapa harus menggunakan sufor?! Ingin rasanya saya ngomel sama saudaranya, tapi apalah saya cuma orang luar yang jadi ibu baru juga sehari 😔.

Continue Reading